1.150.000 Lembar Kertas Suara Kutim Siap Digunakan

RIBUAN LEMBAR: Ratusan pekerja saat melipat surat suara

teropongmedia.com Sangatta– Target waktu penyelesaian melipat kertas sampai (20/3), namun di Kutai Timur berhasil menyelesaikan empat hari lebih cepat, yakni pada Sabtu (16/3) kemarin. Sekira 100 orang pelipat kertas mampu menyelesaiakannya sebelum batas waktu berakhir.

Rapiansyah (31) salah satu kerja kontrak daerah yang menjadi pelipat kertas mengaku, perhari mampu melipat hingga 2000 lembar kertas.

“Itu kan seperti borongan, terbagi beberapa kelompok, jika ditotal keseluruhan kami yang ada disitu, perhari mampu melipat hingga 2000 kertas,” ujarnya.

Dimulai sejak pukul 08:00 Wita hingga 17:00 Wita, mereka juga diawasi oleh pihak KPU, Bawaslu dan Kepolisian sebanyak enam personel.

“Kami juga diawasi oleh KPU, Bawaslu dan Polisi, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, yang namanya Pemilu pasti sensitif kan,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mempercepat pekerjaan. Agar dapat selesai sebelum tenggang waktu tiba.

“Kami juga dikebut untuk menyelesaikan itu, Alhamdulillah sebelum tanggal 20 bisa selesai,” tandasnya.

Sebelumnya, para pelipat kertas yang akan memasuki gedung harus diperiksa terlebih dahulu, mulai dari barang bawaan dan tas. Sortir kertas suara pun dilakukan sangat hati-hati, dipilah antara kertas yang layak dan rusak.

Jutaan kertas yang dsortir dan dilipat sudah sesuai dengan kebutuhan setiap Daftar Pemilih Tetap (DPT) di KPU Kutim. Ditambah dengan 4000 surat suara untuk perhitungan ulang.

Pelipatan kertas pun bertahap, diawali dengan melipat kertas suara DPRD kabupaten, lalu DPD RI, DPRD RI, Presiden Dan Calon Presiden. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *