Konsultasi Publik RKPD Perlu Dilakukan Dengan Serius

HARUS SERIUS: Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang saat memberikan sambutan dalam RKPD

teropongmedia.com Sangatta– Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) bersama Forum Gabungan SKPD menjadi rancangan awal untuk tahun 2020 menuju peningkatan nilai tambah komoditas unggulan.

Capaian kerja yang ditargetkan untuk 2020 mendatang meliputi pengurangan penduduk miskin hingga 8,69 persen, agribisnis 8,71 persen dan agroindustri 6,8 miliar ton pertahunnya serta tetap mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan (BPK).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutim, Edward Azran mengatakan alur perencanaan dan penganggaran penyusunan RKPD 2020 terbagi menjadi empat.

“Penyusunan dan penganggaran 2020 harus mencakup empat unsur, tematik, terintegritasi, holistik dan spasial (Money follows programs),” katanya dalam sambutan pada Senin (18/3).

Dihadiri sebanyak 250 peserta undangan dari berbagai bidang dalam acara diskusi RKPD. Untuk menjamin proses bottom up dan top down dalam proses perencanaan pembangunan dan mewujudkan kerja sama yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang menyatakan RKPD merupakan rancangan kerja tahunan sebagai penjabaran RPJMD 2016-2021 yang harus memperhatikan dinamika pembangunan.

“2020 adalah tahun keempat dari RPJMD Kutim, Pemkab Kutim tetap optimis tetap melaksanakan pembangunan yang sudah tertuang di dalamnya, untuk itu perlu didukung dengan kekuatan kebijakan dan melakukan percepatan pembangunan dikawasan pedesaan dengan memberikan anggaran Rp. 1 miliar perdesa,” jelasnya.

Untuk diketahui, rencana kerangka pendanaan pada 2020 mendatang, yakni pendapatan daerah, Rp. 2,5 triliun, pendapatan asli daerah (PAD) Rp. 48 miliar, dana perimbangan Rp. 1,8 miliar, lain-lain pendapatan daerah yang sah Rp. 682 miliar, belanjan wajib Rp. 1,4 triliun, pendapatan daerah Rp.2,6 triliin dan kapasitas rill Rp. 1,2 triliun. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *