Manfaatkan Lahan Sempit, Kurangi Dampak Pencemaran Lingkungan

MANFAATKAN LAHAN: Dandim 0909/01 Sangatta, Kamil Bahren Pasha saat meresmikan taman hidroponik di lingkungan koramil

teropongmedia.com Sangatta– Memanfaatkan lahan tidur yang ada dilingkungan Koramil 0909/Sangatta, ibu-ibu persatuan istri TNI (Persit) mengubahnya menjadi taman kecil dengan beragam manfaat. Mulai dari tanaman sayur hidroponik hingga tanaman obat keluarga (Toga).

Hasil dari karya ibu ibu persit yang dikomando langsung oleh Lidya Kamil Bahren Pasha, selaku Ketua Persit KCK cab LVI Kodim 0909/Sangatta dalam pemanfaatan limbah ini akan diikut sertakan dalam lomba tingkat nasional, yang penilaiannya telah dilaksanakan (17/3) lalu.

Tak hanya itu, pemanfaatan lainnya pun ada, seperti penggunaan botol air mineral bekas yang diubah menjadi hiasan taman. Hal ini tentu dapat menekan limbah plastik dengan cara mendaur ulang.

“Pemanfaatan limbah yang biasa disebut dengan metode Ecobrick yang diterapkan oleh para personel bersama ibu persit ini adalah solusi yang cerdas dalam pemanfaatan sampah plastik,” tegas Dandim.

Metode ini secara signifikan dapat mengurangi dampak pencemaran lingkungan, karena dengan proses ini jumlah sampah plastik yang harus terbuang juga dapat ditekan seminim mungkin.

Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Kamil Bahren Pasha didampingi Kasdim Mayor Inf Jon Young Saragi secara langsung mengapresiasi kreativitas ibu-ibu persit, yang juga personel Kodim yang sukses memanfaatkan lahan sempit di Koramil 0909/01 Sangatta.

“Hasil kerja keras bersama ini harus dijaga dan dirawat dengan baik, tidak hanya diawal saja tapi tetap terus dijaga hingga berkelanjutan,” ucap Kamil.

Ia juga berharap kegiatan ini bisa menjadi motivasi dan contoh baik untuk masyarakat, karena selain nilai seni, ada nilai ekonomis, ramah lingkungan dan pemanfaatannya secara tidak langsung juga dapat mengurangi pencemaran lingkungan. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *