Siapkan Kostum, Seluruh Kades Jadi Komandan Linmas

DISURATI GUBERNUR: Rapat persiapan pemilu

SANGATTA – Sekda Kutim, Irawansyah meminta seluruh camat jalin koordinasi dengan intens. Terlebih dalam mengawasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di setiap desa. Bahkan, pemenuhan fasilitas Linmas harus disiapkan.

Dia mengatakan pihaknya telah disurati oleh Gubernur Kaltim agar memberi mandat pada seluruh kepala desa di 18 kecamatan Kutim, agar diberi kepercayaan penuh menjadi komandan Linmas di daerah masing-masing.

Hal itu disampaikan dalam rapat persiapan pemilu beberapa waktu lalu. Di tempat yang sama, sejumlah camat serentak meminta agar persiapan linmas lebih diprioritaskan. Berkaca dari pengalaman pada pilgub lalu, adanya keterlambatan pendistribusian menjadi kendala. Sehingga pakaian dinas itu baru dapat dipakai saat pelaksanaan pencoblosan berlangsung.

Seperti yang dilontarkan Camat Sangatta Utara, Basuni menyampaikan beberapa kendala yang dihadapinya. Seperti sulitnya mencari anggota linmas, menjadi permasalahan utama.

“Jaman sekarang susah cari anggota, apalagi gajinya tidak besar. Kami tidak mau pada saat pelatihan malah susah,” ungkapnya di ruang arau saat itu.

Selain itu, Kepala Pemadam Kebakaran Kutim, menyampaikan sekira 1942 stel pakaian linmas sebagian sudah terdistribusi ke Kutim.

“Biaya pesawat mahal, jadi kami pakai kapal. Kemudian akhir Maret ini seluruh pakaian linmas akan tersalurkan ke seluruh kecamatan,” bebernya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *