Buaya Besar, Resahkan Warga Bantaran Sungai

TERASA MENGANCAM: Buaya berukuran besar mulai sering menampakan diri

teropongmedia.com Sangatta– Kemunculan buaya berukuran besar dianggap mengancam keselamatan warga bantaran sungai Pinang Dalam, Sangatta Utara.

Hewan buas yang diperkirakan berukuran 3,5 meter tersebut kerap muncul kepermukaan air sungai hingga menapaki tanah.

Menurut warga sekitar, bernama Sadriansyah (35) mengatakan hal ini sudah terpantau sejak dua pekan lalu, ia sering melihat buaya berukuran besar kerap menampakan dirinya. Bahkan tak jarang lalu-lalang untuk mencari ayam warga sebagai mangsa.

“Sejak dua minggu lalu buaya besar ini sering muncul bahkan sampai naik ke tanah di belakang rumah saya, biasa sering datang pada pagi dan malam hari. Hal ini bikin saya sekeluarga merasa tidak tenang,” jelasnya saat disambangi di kediamannya pada Senin (1/4).

Terpisah, Rahman (36) salah satu pegawai BPBD Kutim menyatakan beberapa buaya kerap muncul di sungai Pinang Dalam, ia melihat ukuran yang variatif.

“Memang banyak penunggunya disini, dari yang kecil hingga berukuran empat meter. Mungkin karena air sungai besar sedang banjir, jadi buaya masuk ke anak sungai seperti di Pinang Dalam ini, jelas saja hal ini membuat kami warga sekitar jadi merasa takut dan terancam,” tandasnya.

Hal senada dilontarkan oleh Ketua RT 22 Pinang Dalam Sangatta Utara, Jamil Mustafa mengakui keberadaan biota Kalimantan ini. Bahkan ia meminta warganya untuk tidak melakukan aktifitas di pinggiran sungai.

“Bagi warga bantaran sungai agar jangan melakukan aktifitas di sekitar air terlebih dahulu, apalagi kegiatan bisa mengundang datangnya buaya,” pintanya.

Ia juga berharap agar BKSDA dapat meninjau lokasi tersebut demi menciptakan rasa aman bagi warga sekitar. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *