Antisipasi Golput, Adakan Rakor Bersama Perusahaan

CEGAH GOLPUT: Wakil Bupati Kasmidi Bulang saat memberikan sambutan

teropongmedia.com Sangatta– Demi meminimalisasi angka golput saat pemilu 17 April mendatang, Polres Kutai Timur mengadakan rapat koordinasi bersama sejumlah perusahaan yang ada di Kutim.

Kegiatan yang dihadiri oleh perusahaan sektor pertambangan dan perkebunan se Kutim ini, merupakan ajakan agar pihak perusahaan dapat memberi tolerir pada pegawai.

Kapolres Kutim, AKBP Teddy Ristiawan mengatakan tingkat golput di Kutim sangat tinggi se Kalimantan Timur. Sehingga ia menggandeng pekerja untuk menggunakan hak suaranya.

“Tahun lalu golput di kita mencapai 54,58 persen. Kutim merupakan suara terbanyak keempat di Kaltim namun jumlah pemilih terkecil, dilevel nasional juga sudah masuk dengan jumlah pemilih terkecil, ini sangat miris,” ungkapnya dalam sambutan di Mako Polres pada Selasa (2/4).

Tingkat golput kembali dikhawatirkan akan terjadi pada pemilu mendatang, sejumlah aspek dianggap menjadi penyebab rendahnya minat memilih, diantaranya perusahaan tidak meliburkan karyawannya, selain itu tidak memberikan fasilitas kendaraan ke TPS, kemudian, karyawan masih terdaftar di tempat tinggalnya yang lama, karyawan lebih memilih masuk kerja dan perusahaan menetapkan sebagai hari libur, namun bagi yang masuk mendapat uang lembur.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang mengimbau kepada pihak perusahaan agar
pemilu ditetapkan menjadi hari libur demi meningkatkan pemilih hak suara untuk hadir ke TPS.

“Kami meminta seluruh perusahaan agar meliburkan pekerjanya saat pemilu nanti, hal ini bertujuan demi meningkatkan partisipasi pemilih untuk datang dan memberikan hak suaranya, jangan sampai golput lebih tinggi daripada pemilih,” jelasnya.

Sebagian besar suara terbanyak ada di perusahaan swasta. Kasmidi berharap dari 18 kecamatan yang ada dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 227.323 orang se Kutim akan hadir dalam pesta demokrasi, Ia juga meminta pada perwakilan yang hadir dapat memberikan informasi pada karyawan lain dan membantu mensukseskan pemilu serentak 2019. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *