Fasilitas Jalan Rusak, Dua Kecamatan Belum Tersentuh Anggaran

Kasi Perencanaan DPU Kutim, Asran Lode

teropongmedia.com Sangatta– Kecamatan Busang dan Kecamatan Long Mesangat di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) merupakan dua daerah yang belum tersentuh anggaran untuk perbaikan jalan.

Akses jalan poros yang menghubungkan antara Busang dan Kecamatan Long Mesangat diketahui kondisinya sampai kini cukup memprihatinkan.

Kasi Perencanaan Teknis Dinas Pekerja Umum (DPU) Kutim, Asran Lode mengatakan belum tersentuhnya anggran pada dua kecamatan yang ada merupakan imbas dari defisit daerah.

“Akibat defisit, dua kecamatan terjauh belum tersentuh anggaran untuk perbaikan jalan, semoga segera ada solusi untuk daerah tersebut,” katanya.

Defisit APBD merupakan selisih kurang antara Pendapatan Daerah dan Belanja Daerah pada tahun anggaran yang sama. Defisit terjadi bila jumlah pendapatan lebih kecil daripada jumlah belanja.

Meski kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk memperbaikinya dengan dana APBD, sehingga pihaknya mengharapkan perusahaan dapat berpartisipasi dalam upaya memperbaiki.

Menurutnya, pilihan solusi melibatkan perusahaan untuk perbaikan jalan-jalan di pedalaman ini diambil dalam keadaan terpaksa, mengingat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kutim kurang dari tahun sebelumnya.

“Contoh saja seperti jalan di Soekarno-Hatta, dari turunan pesawat ke kampus STAIS, perbaikan jalan disitu diambil alih oleh perusahaan dengan dana CSR karena kawasana itu merupakan akses lalu-lalang kendaraan perusahaan,” jelasnya.

Tak hanya itu, Asran menambahkan jika jalan sudah diperbaiki, diharapkan untuk rutin melakukan pemeliharaan lanjutan. Semua itu tergantung jenisnya, baik semen, aspal maupun tanah jika terpantau rusak, agar segera diperbaiki dan tidak menunggu lebih parah.

Pemkab Kutim telah menganggarkan biaya pembangunan jalan di wilayah pedalaman dengan anggaran multiyears. “Tapi kalau hanya menunggu anggaran yang ada maka kondisi jalan akan semakin parah,” tutupnya. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *