Tahun Depan, Kutim Siap Jadi Tuan Rumah Hut Damkar

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang

teropongmedia.com Sangatta– Tahun depan, yakni 2020 Kutai Timur akan menjadi tuan rumah untuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) tingkat nasional.

Rencananya perayaan ini akan digelar pada Maret setiap tahunnya.

Pemilihan Kutim sebagai tuan rumah disampaikan pada Rakornas Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan Linmas. Rakornas yang membahas HUT Damkar ke-100, Satpol PP ke-69, dan Linmas ke-57 pada bulan lalu.

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang mengatakan sangat bangga, karena Kutim terpilih sebagai tuan rumah Hut Damkar mendatang. Menurutnya, segala persiapan harus dimulai dari sekarang sebagai langkah lebih maju.

“Jelas membanggakan, tempat kita dipilih sebagai tuan rumah, semua itu harus disiapkan dari sekarang untuk meminimalisasi kekurangan yang tidak diinginkan,” ujar Kasmidi usai coffee morning, Senin (9/4).

“Kami juga menyesuaikan dengan keadaan keuangan daerah saat ini, yang terpenting fasilitas bagi tamu harus bagus agar tidak ada kesan mengecewakan,” tambahnya.

Pemadam kebakaran, Satpol PP dan Sat Linmas merupakan rumpun urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar sebagaimana amanat pasal 12 Undang-Undang Nomor 23 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Konsekuensi dari urusan wajib pelayanan dasar adalah pemerintahan daerah, selaku ujung tombak pelayanan kepada masyarakat memprioritaskan pelaksanaan urusan yang diharapkan dapat memaksimalkan kinerja untuk memenuhi hak masyarakat selaku warga negara. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *