Program KKS Diharap Tak Salah Sasaran

Kepala Dinas Sosial Kutim, Jamiathulkhair

SANGATTA – Program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang akan diluncurkan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menyasar keluarga tidak mampu. Pemberian kartu ini merupakan cara penggantian pembagian beras sejahtera (rastra).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kutim, Jamiathulkhair Daik mengatakan program pelaksanaan penyaluran KKS bekerjasama dengan pihak Bank Mandiri Cabang Sangatta ini diharap bisa tepat sasaran, bagi warga yang membutuhkan.

“Nantinya bagi penerima KKS tidak lagi mendapatkan beras sejahtera tetapi diganti dengan kartu yang dapat digunakan untuk pembelian beras dan telur, untuk wadah penukarannya pun akan ditentukan dengan lokasi yang bertanda E-Warung,” ungkap Jami pada coffee morning di Kantor Bupati Kutim, Senin lalu.

Beras dengan kualitas premium ini milik swasembada, hingga pihaknya melakukan kerja sama. Dalam hal itu untuk pengadaan beras bagi pengguna KKS.

Untuk menanggulangi kemungkinan tidak tepat sasaran penerima KKS, Dinsos Kutim akan menyiapkan petugas untuk melakukan pengawasan.

“Kami siapkan pengawas tenaga kesejahteraan sosial kecamatan, dimana mereka akan bertugas mengawasi penerima KKS, apakah keluarga penerima manfaat (KPM) menggunakannya dengan benar untuk membeli beras dan telur atau tidak, selain itu petugas juga mengawasi toko yang ditunjuk dalam proses jual-beli sembako,” tambahnya.

Jami menjabarkan jika saat ini sudah ada beberapa program sosial dari Kementerian Sosial yang telah berjalan di 18 Kecamatan se Kutim. Hal itu berupa pembagian dana bagi warga tidak mampu dan lansia. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *