Pemkab Kutim Mendukung Pembukaan Pabrik Semen

Bupati Kutim Ismunandar saat disinggung perihal pembangunan pabrik semen

teropongmedia.com Sangatta– Aksi demonstran di Halaman Kantor Gubernur Samarinda, Senin (8/4) lalu, bertolak belakang dengan harapan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim).

Banyaknya aktivis yang menolak, namun tidak dengan Pemkab Kutim yang justru mendukung akan hal itu, karena banyak nilai positif yang dapat diambil.

Hal positif dari segi ekonomi kesejahteraan bagi warga Kutim secara umum, dipercaya akan berdampak bagi provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Hal itu dilontarkan oleh Bupati Kutim, Ismunandar.

“Karst itu terbagi jadi kawasan yang dilindungi dan kawasan ekonomis, ini juga merupakan harapan warga Bengalon-Sekerat dan sekitarnya, untuk revisi SDA itu ada, jangan terlalu khawatir,” jelas orang nomor satu di Kutim ini.

Ismunandar menegaskan, tentang perizinan pembangunan pabrik semen di kawasan karst sudah disetujui sejak lama, terbukti sejak masa kepemimpinan Awang Faroek.

“Perihal rencana pembangunan pabrik semen sudah ada sejak bupati masih Pak Awang, dengan adanya investasi ini akan banyak menyerap tenaga kerja lokal. Selain itu juga, pembangunan akan keuntungan bagi warga setempatkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengaku akan memprioritaskan pekerjaan bagi tenaga lokal, yang mengisi posisi kerja di pabrik tersebut.

“Sebelum didirkan, harus MoU terlebih dahulu, tentang hak lingkungan dan keuntungan bagi masyarakat, jangan langsung divonis itu akan merusak dan merugikan, mari kaji ulang secara bersama,” tutupnya. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *