Ribuan Surat Suara Mulai Didistribusikan ke Empat Kecamatan

DIDISTRIBUSIKAN: Pelepasan kendaraan unit pengangkut surat suara yang dikawal langsung oleh Satlantas Kutim

teropongmedia.com Sangatta– Sekira pukul 11:00 Wita tiga unit truk diluncurkan menuju empat kecamatan terjauh di Kutai Timur. Yakni Kecamatan Muara Bengkal, Muara Ancalong, Long Mesangat dan Busang.

Ketiga armada itu berisikan bilik suara sebanyak 404 buah serta kotak suara 505 buah dan sebanyak 25.341 lembar surat suara. Masing-masing dengan pembagian yang bervariatif, seperti Muara Bengkal sebanyak 8.657 lembar, Muara Ancalong 9.227 lembar, Long Mesangat 4.053 lembar dan Busang 3.404 lembar.

Melalui rute perjalanan Jalan AW Syahrani, Jalan Yossudarso, Kabo Jaya, Rantau Pulung, Batu Ampar, Muara Bengkal, Muara Ancalon, Long Mesangat dan berakhir di Busang.

Diketahui, dalam pendistribusian logistik surat suara mendapatkan pengawalan penuh oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas Kutim). Hal ini bertujuan demi menjaga keamanan dari pihak KPU Kutim hingga sampai ke kecamatan panitia pemungutan suara (PPS).

Jadwal pendistribusian surat suara memang sudah ditentukan, yakni pada 12- 15 April 2019.

Menurut Ketua KPU Kutim, Ulfa Jamiatul Farida, pendistribusian dilakukan dengan estimasi tiga hari lamanya. Mengingat sampai di kecamatan, masih harus didistribusikan lagi ke desa-desa yang jumlahnya 141 desa dan kelurahan.

“Kami mulai dari kecamatan terjauh, mengingat jarak tempuh antar kecamatan terbilang cukup jauh, belum lagi kondisi jalan yang kurang baik, kami memiliki 971 TPS yang tersebar di Kutim,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang yang turut hadir dalam pelepasan kendaraan pengantar logistik, berharap agar pendistribusian berjalan lancar tanpa kendala apapun.

“Saya berharap semua logistik dapat tiba dengan selamat sampai di kecamatan, dan juga semoga tahun ini partisipasi masyarakat akan meningkat. Mari bersama-sama merayakan pesta demokrasi secara aman dan damai,” tukasnya. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *