Wabup Kutim Tinjau Pelaksanaan USBN Pelajar SMP

UJIAN NASIONAL: Wabup Kutim, Kasmidi Bulang saat meninjau USBN di SMPN 2 Sangatta Utara

teropongmedia.com Sangatta– Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang, didampingingi dinas pendidikan meninjau jalannya Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) di sejumlah sekolah. Seperti SMPN 1 dan SDN 002 Sangatta Utara.

Sebanyak 5.695 pelajar SMP Negeri dan Swasta menjalankan ujian, yang dimulai pada hari ini, Senin (22/4).

Dari jumlah yang ada, sekira 2.386 pelajar dari 16 SMP di Sangatta sudah mengikuti Ujian Sistem Berbasis Komputer (UNBK), sisanya sebanyak 3.309 pelajar masih menggunakan sistem lama, yakni Ujian Nasional Berbasis Kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

“Sementara 16 sekolah sudah menggunakan sistem UNBK, sisanya menggunakan sistem lama ujian nasional berbasis kertas dan pensil,” jelas Plt Kepala Dinas Pendidikan Kutim, Roma Malau.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi online, yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal ke server pusat secara online (upload).

Pelaksanaan ujian dimulai sejak pukul 07:30 Wita, terbagi menjadi tiga sesi. Roma Malau yang ditemui saat meninjau pelaksanaan di Sekolah Dasar Negeri 002 Sangatta Utara membenarkan jika ujian terbagi tiga sesi.

“Sesi satu pukul 07:00-09:30, kemudian sesi dua pukul 10:30-12:30, dan sesi tiga pukul 14:00-16:00 Wita. Dengan jadwal Bahasa Indonesia, matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Ini sudah sesuai aturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” tambahnya.

Sementara, Wabup Kutim Kasmidi Bulang berharap, ujian akan berjalan dengan lancar dan para pelajar mendapatkan nilai terbaiknya masing-masing. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *