Wabup Kutim Dukung Pembukaan Pabrik Semen Di kawasan Karst

DUKUNG PABRIK SEMEN: Wabup Kutim, Kasmidi Bulang menanggapi pembukaan pabrik semen di kawasan cagar alam kasrt

teropongmedia.com Sangatta– Kunjungan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi pada Senin (22/4), dijadwalkan akan menuju Kawasan Karst Sangkulirang. Diagendakan malam ini akan ada rapat pembahasan tentang rencana dibukanya pabrik semen di kawasan tersebut.

Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang menegaskan pihak pemerintah telah setuju atas rencana pembukaan pabrik semen di kawasan Kasrt Sangkulirang.

“Kalau memang tidak merusak karst kenapa harus ditolak, kecuali itu merusak dan merugikan pasti akan kami usir. Coba lihat di daerah lain perekonomian setempat menjadi lebih maju, harusnya kita becermin kesitu, itu kan sudah dikaji sejak lama, dimana ada nilai ekonomis yang tidak merusak disitulah yang akan dikerjakan,” jelasnya.

Kasmidi juga merasa kecewa. Pasalnya ada mahasiswa Kutim yang berunjuk rasa dalam menolak pabrik semen, menurutnya, sikap mahasiswa seharusnya idealis dan tidak mudah dipolitisi.

“Cobalah dikaji ulang, itu tidak akan merusak cagar alam, dan resapan air. Kalau dibangun juga akan banyak menyerap tenaga kerja lokal nantinya, penduduk disana pun akan jauh lebih sejahtera,” tukasnya.

Hal senada pun diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kutim, Andi Wijaya Effendi. Pihaknya mendukung rencana akan dibukanya pabrik semen di kawasan karts.

“DLH mendukung hal itu, kalau kita punya pabrik semen, kondisi jalan di Kutim tidak akan seperti ini lagi, karena tidak perlu membeli semen dari luar daerah, tentu akan mengurangi anggaran. Kalau penduduk asli saja tidak protes, lalu kenapa yang luar tidak terima,” tandasnya. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *