Puluhan Peserta PKBM Kecamatan Kongbeng Ikuti Ujian Paket B

Petugas Visum Disdik Kutim bersama guru pengawas dan peserta PKBM Kecamatan Kongbeng

teropongmedia.com Sangatta– Jumat (26/4) kemarin, menjadi momen yang ditunggu oleh peserta peserta Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sejahtera Mulia Kongbeng, untuk mengikuti ujian paket B.

Peserta yang terdiri dari 16 laki-laki dan tujuh perempuan itu asli berasal dari kecamatan tersebut.

Bertempat di Madrasah Ibtidayah SP 4 Kongbeng, sebanyak 23 peserta tersebut mengikuti ujian dari pukul 13:00 Wita hingga sore hari. Dimulai sejak Jumat sampai Sabtu, dengan beberapa mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial, Agama, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Petugas visum dari Dinas Pendidikan Kutai Timur (Kutim), Sandhy Ananda mengatakan ijazah paket B sudah setara dengan ijazah pada umumnya, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir lagi.

“Jika sudah mengantongi ijazah paket B maka sudah dipastikan dapat melanjutkan ke tingkat SMA, untuk memudahkan dalam pencarian maupun melamar kerja, dan bahkan, ijazah paket C pun sudah bisa untuk meneruskan pendidikan ke jenjang sarjana,” terangnya.

PKBM terdiri atas tiga paket. Paket A, B, dan C. Setiap peserta kejar dapat mengikuti ujian kesetaraan yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional.

Untuk diketahui, beberapa persyaratan untuk menjadi peserta PKBM paket diantaranya, harus mengisi formulir pendaftaraan yang sudah disediakan, usia peserta tidak dibatasi, menyerahkan fotocopy KTP, menyerahkan pas poto, berkemeja putih dan membayar uang pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *