Pembayaran Utang Lama Capai 96 Persen, Siapkan Pelunasan 2018

PELUNASAN UTANG: Situasi coffee morning saat pembahasan utang piutang

teropongmedia.com Sangatta– Dalam pembahasan Coffee Morning pada Senin (29/4) pagi, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) menyampaikan pembayaran utang piutang 2016-2017 sudah mencapai 96 persen. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang.

“Capaian pembayaran sudah 96 persen, sisa empat persen lagi, tidak banyak, tadi saya imbau ke OPD agar segera membuatkan tagihan ke BPKAD agar sebelum ramadan utang sudah selesai,” bebernya.

Bahkan laporan OPD, terdapat kontraktor yang belum menagihkan, padahal anggaran telah tersedia. Sehingga menurutnya hal tersebut tidak menjadi kesalahan pihaknya jika terjadi keterlambatan.

“Kami konsentrasi ke program-program yang murni, jadi kalau belum menagih, segera,” tandasnya.

Sedangkan untuk utang di 2018, Kasmidi menrangkan murni akan dimasukan dalam anggaran perubahan.

“Saat ini kita fokuskan ke utang 2016-2017 karena ini sudah 2019 tapi yang dulu saja belum selesai kan kita malu, itu saja yang dibahas dan diulang. SK Pemkab dan SK utang saja masih ada selisih. 2018 murni akan kita masukkan dianggaran perubahan,” terangnya.

Selain itu Kabid Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Aming membenarkan pernyataan wabup perihal adanya beberapa OPD yang belum melakukan penagihan.

Diantaranya, Dinas Pekerja Umum (DPU), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pertanian (Distan), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Pertanahan Lahan dan Tata Ruang (PLTR), Umum dan Kepegawaian, dan Perlengkapan.

“Dari dinas tersebut, kami minta agar segera melakukan penagihan ke BPKAD, jika berkas penagihan sudah masuk maka akan langsung kami proses,” jelasnya. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *