KPU Gelar Rapat Pleno Terbuka, Bawaslu Kutim Merasa Kecewa

PLENO: Suasana rapat pleno terbuka KPU, Bawaslu, PPK dan Saksi Parpol se-Kutim

teropongmedia.com Sangatta– Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang digelar oleh KPU Kutim, pada Kamis (2/5) direncanakan akan berlangsung hingga 5 Mei mendatang.

Tat kala, hal ini membuat Bawaslu Kutim kecewa. Pasalnya, undangan rapat pleno terkesan mendadak.

Ketua Bawaslu Kutim Andi Mappasiling melontarkan kekecewaanya pada KPU Kutim saat awal pembukaan rapat tersebut. Dikatakan KPU harus membuat undangan minimal satu hari sebelum hari Ha, ia pun meminta agar rapat pleno ditunda hingga persiapan dari pihak PPK dan Parpol benar-benar baik.

“Kami meminta ke KPU agar ditunda dulu rapat plenonya, karena ini melanggar administrasi yang tertuang di PKPU 4 pasal 37-38, semestinya KPU membuatnya tidak dadakan dan di undangan pun harusnya dimuat juga tentang jadwal agar jelas daerah pilih (Dapil) mana yang lebih dahulu, kami dari Bawaslu sepakat bahwa ini menyalahi prosedur,” terangnya.

Menanggapi lontaran dari salah satu saksi parpol perihal ungkapan bahwa Bawaslu tidak siap data, Andi Mappasiling menampik hal itu, sesuatu yang cacat adminitrasi menurut Andi harus diproses.

“Siap tidak hasil ini jika tidak sesuai dengan PKPU, itu yang penting bukan tentang siap atau tidaknya, banyak sekali pertimbangannya, ini kan kesalahan adminitrasi hal itu akan tetap kami proses dan bawa ke provinsi,” tegasnya.

Hal senada pun terucap oleh Komisioner Bawaslu bagian Penindakan dan Pengawasan, Budi Wibowo. Ia menuturkan terkait agenda yang dianggap melanggar peraturan KPU tentang mekanisme.

“Kami sepakat ada peraturan KPU yang dilanggar dalam hal ini tentang mekanisme, undangan harus melampirkan jadwal bukan rundown agar persiapan benar-benar mantap karena ini sangat sensitif,” jelasnya.

Setelah memberikan waktu skorsing selama satu jam, KPU Kutim membuat jadwal undangan terkait pembahasan dalam rapat pleno. Kemudia memberikan jadwal pada masing-masing PPK dan saksi Parpol. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *