Meskipun Tak Lagi Berfungsi, Kapal SAR Dibersihkan

PERAWATAN: Puluhan Pegawai BPBD Kutim saat membersihkan kapal SAR

teropongmedia.com Sangatta– Kapal SAR milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim, hari ini dibersihkan oleh puluhan pegawainya. Meskipun diketahui, armada ini sudah tak berfungsi lagi karena mengalami beberapa kerusakan.

Terletak di Sungai Pinang Dalam Sangatta Utara, kapal itu sudah cukup lama tidak dioperasikan, karena mengalami kerusakan pada mesin dan tubuh kapal yang mulai keropos.

Dijelaskan oleh Rahman salah seorang petugas Tim SAR yang ikut andil membersihan kapal. Hal itu dilakukan untuk menjaga unit agar tidak semakin rusak dengan kondisi parah, meskipun sudah tidak lagi dioperasikan.

“Meskipun sudah tak bisa dipakai ya tetap kami bersihkan, ditambah beberapa waktu lalu air hujan menggenangi badan dalam kapal dan banyak lumut juga di bawahnya. Jadi bersama puluhan anggota turun tangan membersihkannya,” ungkapnya.

Kapal berbahan fiber milik BPBD Kutim ini sebenarnya memiliki fungsi yang kuat. Pasalnya untuk Daerah Aliran Sungai (DAS), kapal Tim SAR sangat berperan penting untuk mengevakuasi masyarakat terlebih saat kondisi banjir.

“Jika kapal itu bagus maka bisa digunakan, tentu warga DAS tidak risau lagi karena Tim SAR ada, namun kenyataannya banjir pada April tahun lalu kapal tersebut tidak dapat digunakan sehingga kami warga Pinang Dalam saja kesulitan dievakuasi waktu itu,” jelas Muhammad Yusuf (75), salah satu warga Pinang Dalam Sangatta Utara.

Keberadaan kapal akan sangat membantu operasional BPBD Kutim, terutama menangani insiden yang terjadi di laut dan membutuhkan kapal untuk pencarian maupun evakuasi. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *