Memasuki Puasa Pertama, Harga Bawang Putih Berkisar Ratusan Ribu

MELONJAK: Bawang putih di pasar terus naik

teropongmedia.com Sangatta– Kenaikan harga komoditas bawang putih diperkirakan akan terus mengalami lonjakan hingga jelang lebaran mendatang.

Kenaikan harga yang tak tanggung-tanggung ini membuat para pedagang resah. Pasalnya bawang menjadi bumbu utama dalam masakan.

Rahmad (59) pedagang bakso barokah di jalan Teluk Lingga mengaku kebingungan. Menurutnya harga bawang yang terus naik akan berimbas pada dagangan miliknya.

“Bawang terus naik, sementara kalau bumbu yang saya pakai, jika dikurangi takarannya, maka rasapun akan berubah atau jika harga bakso saya naikkan pelanggan pasti kabur, jelas ini membuat bingung,” terangnya.

Saat dilakukan penelusuran di pasar Sangatta Sangatta Selatan, harga bawang putih mencapai Rp.110-120 ribu perkilogram, diiringi dengan harga bawang merah Rp.70-80 ribu perkilogram dan harga cabai merah Rp.70 ribu perkilogram.

Tak hanya itu sejumlah komoditas lainnya pun ikut meroket, seperti daging ayam yang biasanya Rp.35 ribu perkilogram, kini mencapai Rp.45 ribu perkilogramnya.

Dikabarkan berdasarkan keterangan dari Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, yang dilansir dari CNBC Indonesia ijin impor bawang putih sebanyak 115.000 ton telah diterbitkan kepada sektor swasta. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *