Pemilu Serentak, Partisipasi Pemilih Meningkat

MENINGKAT: Pleno yang diadakan oleh penyelenggara pemilu

SANGATTA – Bawaslu Kutim mengklaim tingkat partisipasi pemilu serentak di daerahnya meningkat signifikan dari pilkada 2018 lalu.

Angka itu merupakan hitungan yang telah ditetapkan oleh KPU Kutim beberapa waktu lalu.

Penyataan itu disampaikan oleh salah satu Komisioner Bawaslu Kutim, Budi Wibowo. Ia menyebut tingkat partisipasi pemilih meningkat dibanding Pemilu sebelum-sebelumnya.

“Partisipasi pemilih kita meningkat. Ini bagian dari kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan pemilu,” katanya saat dikonfirmasi, pada Rabu (8/5).

Menurutnya hal ini telah diprediksi oleh pihaknya. Terlebih menurutnya masyarakat yang memilih telah memiliki masing-masing pilihannya.

“Ini sesuai dengan prediksi kami. Sesama penyelenggara. Karena memang untuk Pileg yang mendukung konstituen agar ikut mencoblos. Sedangkan Pilpres merupakan isu nasional, maka sudah tentu partisipasi sangat tinggi. Ini perpaduan yang ciamik dalam pemilu,” paparnya.

Namun hal ini bukan berarti tidak memicu terjadinya potensi pelanggaran. Mengingat pesta demokrasi kali ini dibuat serentak.

“Namun karena banyaknya kepentingan politik di Pileg terutama, maka proses pelanggaran juga berbanding lurus. Sehingga hal ini menjadi perhatian khusus bagi kami,” tuturnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *