Hari Lebaran, Rumah Sakit dan Puskesmas Tetap Buka Pelayanan

Sekertaris Dinas Kesehatan Hariyati, saat memaparkan kegiatan pelayanan kesehatan di hari libur

teropongmedia.com Sangatta– Layanan Public Center (PCS) 119 adalah layanan kegawat daruratan ambulans dan tenaga kesehatan 24 jam diberikan secara gratis, oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur (Kutim) dengan langsung menghubungi call center Tim PCS 0822-5240-0400. Ini merupakan sistem penanggulangan gawat darurat terpadu (SPGDT).

Hal itu bertujuan untuk tenaga kesehatan tetap siap siaga saat menjelang lebaran hingga usai lebaran. Menurut Sekertaris Dinkes Kutim Hariyati, SE,M.Kes tidak ada cuti (libur) bagi tenaga kesehatan.

Adapun tujuannya sekaligus menunjukan pengabdian para petugas kesehatan kepada masyarakat.

“Yang namanya Dinkes itukan pelayanan publik, tentu tidak ada libur. Petugas akan tetap berjaga seperti biasanya, dibagi tiga shift pagi, siang dan malam. Rumah Sakit dan Puskesmas harus tetap standby jika sewaktu-waktu dapat panggilan darurat dari masyarakat,” bebernya.

Setiap Unit Gawat Darurat (UGD) juga akan dilengkapi dengan dokter umum, layaknya di poliklinik. Diwajibkan setiap UGD memiliki satu dokter jaga, sedangkan untuk perobatan, Dinkes Kutim juga menyediakan obat-obatan emergensi.

“Kedepannya UDG akan seperti poliklinik, akan ada satu dokter jaga di sana, sepanjang jalur mudik ini obat-obatan cukup dan tenaga kesehatan juga kami pastikan siap setiap saat,” katanya.

Kendati demikian, Hariyati mengakui dimasa lebaran ada sejumlah dokter spesialis yang mengambil cuti, namun hal itu tidak menjadi kendala terhadap pelayanan kesehatan, UGD/IGD tetap berjalan untuk memberikan pelayanan ke masyarakat.

Sehubungan dengan kelonjakan arus mudik sendiri, Hariyati berpesan pada seluruh masyarakat Kutim , untuk selalu menajaga kondisi kesehatan, dan jika sakit tidak perlu merasa khawatir karena fasilitas kesehatan selalu siaga 24 jam memberikan pelayanan, dan call center antar jemput ambulans gratis. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *