Orangtua Siswa Keluhkan Sulitnya PPDB Online

PPDB SULIT: Antrean orangtua wali saat mengurus pendaftaran online di salah satu sekolah Sangatta

SANGATTA – Proses pendaftaran peserta didik baru (PPDB) yang menggunakan sistem online masih terus menuai kritik dari sejumlah orangtua murid.

Para orang tua yang akan mendaftarkan anaknya ke jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Sangatta, kerap merasa kesulitan.

Salah satunya, Gusti Rian seorang wali murid mengeluhkan kesulitannya saat mendaftarkan putranya di SMPN 1 Sangatta Selatan.

“Ribet sekali urusan seperti ini, coba sistem seperti dulu mudah, tinggal bawa berkas sudah selesai,” tandasnya.

Hal senada dikeluhkan Abdul Rachmat, yang juga sedang menemani sanak keluarga untuk mendaftar di salah satu SMP Negeri.

“Saya kurang setuju dengan sistem zonasi ini. Daftar online juga bikin pusing, mana jaringan lelet, server lemah, ya karena semua orang pakai linknya. Saya kasihan juga, pada orang yang minim pengetahuan menggunakan internet,” tuturnya.

Kasi Kurikulum dan Evaluasi Dinas Pendidikan Kutim, Moh Syaiful Imron mengakui masih adanya kesalahan dalam pelaksanaan PPDB tersebut. Terlebih hal ini masih uji coba di Sangatta Selatan dan Utara. Bahkan ini merupakan kali pertama Disdik menerapkan sistem daftar online.

Adapun diantaranya sekolah tersebut yakni SDN 01, 02, 03, 04, 05, 06, 07,09, 10, 11 Sangatta Utara. Juga SMPN 1, 2, 3, 4, 5 Sangatta Utara dan SMPN 1 Sangatta Selatan.

“Rencananya kami perpanjang hingga Jumat ini, Sabtu sudah evaluasi persiapan pengumuman untuk Senin depan,” terangnya, saat ditemui di ruang kerjanya, pada Rabu (22/5).

Sistem zonasi mengikuti jarak sesuai kediaman, tidak ada lagi sekolah favorit, supaya pemerataan kualitas agar kompetitif.

Menurutnya, seluruh sekolah mayoritas telah terakredatasi A, tenaga pengajarnya juga kurang lebih sama. Bahkan batuan operasional pun diperhitungkan sama.

“Sudah ditentukan oleh titik koordinat, sitem yang menentukan sesuai lintang bujur. Tidak bisa kami yang menentukan,” tandasnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *