Diskop Kutim Siap Cetak 30 UMKM Tangguh di 2019

Foto Kepala Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop dan UMKM) Kutai Timur (Kutim) Muhammad Husaini

teropongmedia.com Sangatta– Pada 2018 lalu, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop dan UMKM) Kutai Timur (Kutim) sudah mencetak 30 UMKM tangguh, pada 2019 ini, pihaknya berencana akan kembali mencetak sekira 30 UMKM tangguh melalui mentoring.

Dikatakan oleh Kepala Diskop dan UMKM Kutim, Muhammad Husaini, mentoring ini bertujuan untuk menjaring dan memonitoring setiap UMKM yang ada di Kutim, agar lebih terarah.

“Mentoring itu kami adakan untuk memantau setiap pelaku usaha, mulai dari jenis usahanya, pendapatannya, kendalanya, pemasaran dan bentuk kemasan produknya, kemudian pada Agustus mendatang kami akan gelar UMKM tangguh seperti tahun lalu,” tandasnya.

Secara teknis, Diskop dan UMKM Kutim sudah bekerja sama dengan Olsabara dan LPB Pama Benua Etam.

“Saat ini kami sudah bekerja sama dengan pusat oleh-oleh khas Sangatta, untuk membantu pemasaran para pelaku usaha dan mensejahterakannya, dan untuk para wisatawan jadi cukup mudah jika ingin mencari oleh-oleh khas Kutim,” tuturnya.

Saat ini sudah cukup banyak oleh-oleh lokal khas daerah, mulai dari jenis kain batik, coklat, durian cup, gami baby cumi, sirup buah naga, amplang batu bara, amplang laut, kerajinan daur ulang, dan lainnya. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *