Cegah Penyumbatan, Sangsel Buat Drainase

DRAINASE: Proses pengerjaan drainase di Kecamatan Sangatta Selatan

SANGATTA – Camat Sangatta Selatan, Hasdiah mengatakan pihaknya tengah membangun drainase di ruas jalan KM 1 Desa Sangatta Selatan.

Pembangunan drainase dilakukan mengingat selama ini hanya separuh jalan yang memiliki jalur aliran.

Selain itu, ia menjelaskan hal ini bertujuan agar air dapat langsung masuk ke drainase sehingga bisa diserap tanah dengan cepat.

“Drainasenya sudah mulai dikerjakan. Dengan program penataan pemukiman dan lingkungan. Sumber dananya bantuan dari CSR PT KPC. Kalau alatnya dari dinas PU,” ujarnya saat dikonfirmasi via telpon.

Dia membeberkan jika sebelumnya sudah ada drainase, hanya saja masih tergolong minim.

“Sebelumnya memang ada, hanya saja cuma beberapa meter. Karena belum maksimal jadi tidak berfungsi,” ungkapnya.

Hasdiah berharap dengan adanya drainase tersebut dapat membuat aliran air yang mengenai pemukiman warga dapat teratasi. Tak hanya itu, wanita berhijab ini menginginkan rumah-rumah yang menonjol ke jalan raya bisa di batasi, sehingga bisa lebih tertata.

“Semoga juga pembuangan limbah rumah tangga tidak lagi dibuang ke jalan raya. Sehingga tak ada lagi komplain tetangga,” harapnya.

Tidak adanya penyumbatan, lanjutnya namun mengingat kondisi drainase yang hanya beberapa meter tersebut kerap membuat genangan. Sehingga ia berinisiatif melakukan pembangunan dengan menggandeng mitra dan ditargetkan rampung pada 2019 ini.

“Salah satu contohnya ada di depan kuburan KM 1, sampai disitu saja. Sehingga airnya tak tahu mengalir kemana. Untuk sementara fokus penuntasan itu dulu Sampai pelebaran jalannya. Harapannya selesai cepat, namun menyesuaikan saja dengan anggaran yang ada,” tutupnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *