Pasca Pemilu, Kutim Kehabisan Blanko KTP El

SANGATTA – Usai pemilu serentak yang dilaksanakan pada April lalu, membuat blanko KTP El di Kutim habis. Hingga saat ini belum ada penambahan lagi, terhitung sejak dua bulan sebelumnya.

Beberapa kendala menjadi penyebab, salah satunya minimnya anggaran dan dampak rasionalisasi yang berimbas pada biaya operasional.

Dikatakan oleh Kadisdukcapil Kutim, Januar Harlian PLA bahwa tidak adanya biaya operasional yang digunakan untuk mengambil blanko di pusat. Mengingat blanko tersebut tidak dapat dikirim. Melainkan harus diambil dan ditandatangani langsung oleh pejabat Disdukcapil masing-masing daerah.

“Kami tak punya anggaran untuk ke Jakarta. Pusat tidak mengizinkan untuk dikirim, siapa yang mau tanggung jawab kalau ada apa-apa. Makanya harus ambil sendiri,” jabarnya.

Menurutnya, jika provinsi melakukan pengambilan, pihaknya akan menitip. Dia telah berkoordinasi dengan pusat pada Juni lalu, bahwa Kutim mendapat jatah sekira 500 dari 5000 kebutuhan.

“Kalau jumlah jelas kurang, dapat hanya ratusan, padahal suket saja sudah 4500 yang terbit,” jelasnya.

Ia mendapat informasi pusat, bahwa Juli-Agustus mendatang akan ada pengadaan blank kembali, meskipun belum diketahui jumlahnya. Baginya, hal ini merupakan kabar baik. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *