Tingkatkan Literasi, Karang Taruna Gandeng KKN Unmul Taman Baca

SANGATTA – Kegiatan sosial yang digalakkan oleh Karang Taruna Tunas Muda Sangatta Selatan, dengan menggandeng KKN Unmul 45, nampaknya sangat menarik simpati anak-anak yang mengunjungi pantai Kenyamukan saat diajak membaca buku gratis pada Minggu (7/7).

Ketua KKN Unmul 45, Alven Sinta Kristian mengaku senang dengan kegiatan yang diadakan, terlebih kolaborasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca.

Menurutnya, membaca merupakan hal yang mulai ditinggal oleh anak, apalagi pengaruh gadget sangat mendominasi di dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami sangat senang bisa berbagi ilmu dengan masyarakat kami juga berharap kalau pekan depan, kegiatan membacanya diadakan d tugu baca Sangatta Selatan agar lebih mengenal anak-anak di tempat kami KKN,” ujarnya.

Ia berpendapat, jika membaca di suasana alam terbuka, minat anak akan semakin tinggi. Sehingga mampu merubah kondisi monoton menjadi lebih mengasyikan.

Di tempat terpisah, ketua Karang Taruna Tunas Muda Sangatta Selatan, Fuad Sirinding menyambut baik adanya volunteer baru yang beritikad untuk mengembangkan literasi dan minat baca anak. Meski terhitung relatif singkat, ia berharap agar hal itu dapat ditularkan jika rekan KKN kembali ke daerah masing-masing.

“Kalau memang ada mahasiswa Kutim bisa bergabung setiap pekan, supaya bisa membuat Sangatta gemar membaca. Kalau yang jauh, cobalah implementasikan meski KKN nya berakhir nanti,” harapnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *