Implementasikan Tri Dharma, Pemkab MoU dengan Universitas Terbuka

SANGATTA – Dalam upaya meningkatkan nilai sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat daerah di Kutim, Pemerintah melakukan kerjasama dengan Universitas Terbuka (UT) Samarinda, untuk mengimplementasikan Tri Dharma.

Hal tersebut akan mengacu pada konsep terpadu, koordinatif maupun sinergis. Kerjasama ini sesuai dengan penyelenggaraan diberbagai bidang, yakni di pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kerjasama tersebut dituangkan dalam penandatangan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Kutim, Ismunandar dengan Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UT) Samarinda, Drs. Rusna Ristaza.

Kepala Unit Program BJJ (UT) Samarinda, Rusna Ristaza menyambut baik kerja sama yang dituangkan ke dalam MoU ini. Dalam sambutannya, menyampaikan, harapannya kerjasama ini menjadi sebuah hal yang positif dalam peningkatan sumber daya manusia di wilayah Kutim, terutama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat.

“Menristek Dikti menuntut Kutim bereperan aktif, dalam hal ini kami mengajak kerjasama untuk melakukan teken kontrak, supaya memudahkan jika akan penelitian,” ujarnya dalam sambutan.

Menurutnya, 94 persen pelajar dari tingkat SMA melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi. Menurutnya, UT mampu membantu angka tersebut dengan berkuliah jarak dekat di UT.

“Kami bekerjasama untuk meningkatkan kapabilitas, karena UT mampu memudahkan mahasiswa yang ada di pedalaman,” jelasnya.

Bupati Kutim, Ismunandar mengatakan dengan adanya kerjasama ini, ia berharap dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan, terutama bagi para (Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya mereka yang berada di daerah pesisir dan pedalaman.

“Ini kesempatan yang baik bagi mereka. Saya minta dinas pendidikan dapat mensosialisasikan program tersebut sampai ke daerah peisisir dan pedalaman. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *