Kartini Kutim Raih Predikat Putri Remaja Indonesia Pendidikan

SANGATTA – Kembali lagi, putri Kutim mengharumkan nama Kaltim diajang nasional, dan berhasil meraih predikat Putri Remaja Indonesia Pendidikan, pada awal Juli 2019 ini.

Didukung penuh oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kutim, Rinanda Maharani berhasil menyingkirkan puluhan perwakilan dari beragam provinsi se Indonesia.

Remaja kelahiran Samarinda, 21 April 2002 lalu itu merupakan putri pertama diantara empat bersaudara, putri yang terlahir dari pasangan Ade Achmad Yulkafilah dan Dian Anggraeni yang bekerja sebagai ASN di lingkungan Pemerintah Kutim.

Bersaing melawan 32 peserta dari beragam provinsi, menurutnya bukan hal mudah. Ia harus menampilkan bakat yang berbeda dari peserta umum lainnya.

Kasi Promosi Budaya dan Pariwisata Dispar Kutim, Yunitha Ronting, mengakui proses yang dilalui Rinanda banyak tantangan tersendiri. Untuk belajar beragam hal, membutuhkan berlatih intensif selama kurang lebih tiga bulan.

“Rinan harus belajar banyak hal, dalam tiga bulan ia belajar pidato bahasa Inggris tentang kepemudaan dan cinta Tanah Air. Ia juga berlatih alat tradisional Dayak, yaitu sampe,” ujarnya.

Terpisah, Rinan mengaku bangga dapat membawa nama Kutim dan menjadi perwakilan tunggal dari Kaltim hingga meraih lima besar. Ia menghaturkan terimakasih atas dukungan seluruh warga yang membuatnya berhasil sampai pada titik ini.

“Saya senang sekali, berkat dukungan semua pihak saya bisa masuk lima besar dan meraih predikat ini. Selanjutnya saya akan mengajak remaja di Kutim agar lebih aktif dan terhindar dari kenakalan yang tak pantas,” tegasnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *