Minim Kesadaran Masyarakat, Sampah Terus Menumpuk

SANGATTA – Penumpukan sampah rasanya menjadi masalah yang tak pernah usai. Belum satu jam diangkut oleh petugas kebersihan, plastik pembungkus sampah kembali berceceran di ruas Jalan Yos Sudarso Sangatta Utara.

Hal ini menjadi PR bagi UPT Kebersihan Sangatta Utara, sebab minimnya kesadaran masyarakat akan perda waktu pembuangan sampah tidak diindahkan.

Kepala UPT Kebersihan Sangatta Utara, Rara Siti Hajrah menjelaskan setiap hari timnya mengangkut sampah. Bahkan termasuk di hari libur.

“Dalam 365 hari kami bekerja, tak pernah libur meski di hari besar,” katanya saat disambangi di kantornya pada Selasa (16/7).

Keterlambatan pengangkutan kerap terjadi, sehingga terjadinya penumpukkan. Namun ada beberapa sebab, yakni angkutan yang berusia tua sehingga banyak mengalami kerusakan, selain itu juga karena jumlahnya yang terbatas. Pengajuan telah ia lakukan sejak beberapa tahun belakangan, hanya saja belum terealisasi oleh APBD maupun CSR.

“Kurang seimbang antara alat angkutan dan volume sampah yang membludak. Jumlah unit yang aktif, dumptruk tiga sampai empat, satu unit kontainer, dan satu mobil bak. Armdada itu mulai kami gunakan tahun pembelian 2009-2012,” katanya.

Disamping itu, ia menjelaskan kendala di lapangan lainnya, karena masih banyak warga yang membuang sampah tak tepat waktu. Bahkan jika survey, menurut pengalamannya, mayoritas warga membuang sampah hampir tiap jam di sepanjang jalan.

“Baru diangkut, ada lagi sampahnya, ya keliatannya menumpuk. Padahal mobil kami sudah keliling tiga kali,” ungkapnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *