Tanam 2000 Pohon, Bupati Minta Perawatan Lanjutan

SANGATTA – Untuk memperingati hari lingkungan hidup se dunia, Kecamatan Sangatta Selatan melakukan aksi penanaman 2000 pohon.

Bupati Kutim, Ismunandar meminta pada seluruh masyarakat agar melakukan perawatan setelah menanam. Agar tumbuh kembang ke depan dapat bermanfaat bagi kehidupan masa depan.

Ia menilai, kebiasaan masyarakat di Indonesia ialah meninggalkan pohon pasca tanam. Baginya hal ini sangat sia-sia jika untuk mengejar seremonial semata.

“Kalau cuma nanam ini seremoni saja, lebih baik tidak usah. Kasian pohon mati kering saja,” ungkapnya.

Dirinya meminta agar kita semua mengingat jasa kakek buyut tak pernah serakah memikirkan diri sendiri. “Mereka menanam agar anak cucunya bisa menikmati hasil. Kearifan lokal ini yang harus dijaga dan dilanjutkan,” katanya.

Menurutnya hasil yang dituai akan sebanding dengan perawatan yang telah dilakukan, baik aspek kesuburan maupun rasa manis yang dihasilkan oleh buah.

di tempat yang sama, Camat Sangatta Selatan, Hasdiah mengatakan penanaman 2000 pohon, bantuan dari PT.KPC, ini merupakan rangkaian hari lingkungan hidup sedunia. Dengan melibatkan pemerintah dan elemen masyarakat, dan CSR sejumlah perusahaan. Seperti PT. KPC, PT.Pertamina EP Asset V Field Sangatta, PT. Pama Persada Nusantara, juga yang lainnya.

“Banyak CSR yang mendukung kami, pemerintah, juga masyarakat, bahkan ada anak-anak KKN Unmul ikut partisipasi,” bebernya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *