Satpol PP Razia Bangunan yang Melanggar, Temui Tiang Listrik Dalam Toko

SANGATTA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kutim melakukan razia bangunan yang melanggar Perda di ruas jalan Sangatta Utara pada Selasa (23/7).

Hal itu dilakukan semata karena tim Satpol PP sudah melakukan survey sebelumnya. Benar saja, pihaknya banyak menemui bangunan tidak memiliki IMB dan berdiri liar di atas trotoar.

Dijelaskan oleh Kasatpol PP Kutim, Didi Herdiansyah bahwa dirinya menemui bangunan yang melanggar dan melewati batas sempadan jalan. Sehingga ia langsung mencari pemilik untuk melakukan koordinasi.

“Kami memberi peringatan dulu selama sepekan, kalau tidak diindahkan maka kami akan tindak, dan satu hari kami lakukan aksi,” tuturnya.

Selain itu, ia juga banyak menemui bangunan melewati batas, yakni 3,7 meter dari batas trotoar parit. Sehingga ia menggunakan sistem 7-3-1.

“Malah kami juga menemui ada tiang listrik yang masuk dalam toko orang, berarti dia melewati batas,” katanya.

Mengacu pada Perda nomor 13 tahun 2004, tentang keterbitan umum, pihaknya memberi sanki tegas bagi pelanggar. Tak tanggung-tanggung, sanksi perdata dikenai denda Rp. 5 juta dan pidana mendapat kurungan sekira tiga hingga empat bulan. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *