Dinas Peternakan Kutim Jalankan Program Vaksin Rabies Gratis

teropongmedia.com Sangatta– Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Peternakan Kutim Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet)
melakukan program Vaksin Rabies gratis untuk hewan-hewan jalanan atau rumahan.

“Ini gratis, untuk pemilik anjing dan kucing petugas akan datang ke rumah (door to door) dan menyisir hewan dijalanan,” ujar Sugiono Kepala Dinas Peternakan Kutim (1/8/2019).

Pemilik anjing dan kucing wajib menyebutkan nama dan usia hewan. Setelah itu petugas Keswan dan Kesmavet akan menyuntikkan vaksin rabies bagi anjing dan kucing. Kemudian, hewan yang telah divaksin akan diberikan surat penanda sudah vaksin.

“Kami menggunakan vaksin buatan Indonesia yang disarankan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Sehingga aman serta mencegah penyakit rabies,” tambah Sugiono.

Berdasarkan peraturan dalam Pergub Nomor 199 tahun 2016 Tentang Pengendalian Hewan Penular Rabies disebutkan bahwa warga dilarang memelihara lebih dari lima hewan peliharaan dan harus menempatinya di dalam kandang. Jika itu tidak dilakukan, maka petugas berhak untuk mengambil hewan peliharaan tersebut.

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *