Jelang Idul Adha, Kesehatan Hewan Kurban Dicek

SANGATTA – Maraknya pedagang sapi dan kambing musiman di sejumlah ruas jalan Sangatta, membuat Dinas Pertanian memeriksa kesehatan hewan-hewan itu.

Hal ini bertujuan untuk mencegah peredaran penyakit di Kutim, sebab mayoritas hewan itu didatangkan dari luar pulau yakni Sulawesi.

Menjelang Hari Raya Idul Adha pemandangan sapi mudah dijumpai. Terlebih banyak pembeli yang menitipkan hewan tersebut hingga hari ha.

Sebanyak 27 peternak dan pedagang hewan kurban telah dicek sejak sepekan lalu. Pihaknya juga berhasil memastikan 800 ekor sapi dan 700 ekor kambing terbebas dari penyakit.

Kadistan, Sugiono melalui Kasi Keswan dan Kesmavet Distan Kutim, Drh Cut Meutia, mengatakan pemeriksaan itu meliputi fisik dan organ dalam.

“Kalau fisik diperiksa bola mata dan cuping hidungnya. Berbeda dengan pemeriksaan organ dalam meliputi jantung dan hati yang sering ada cacingnya,” tuturnya.

Sejauh ini, dari ribuan hewan kurban yang ia periksa terdeteksi sehat secara menyeluruh. Untuk meyakinkan konsumen, pihaknya memberi tanda pada hewan yang telah dinyatakan sehat dengan pemberian kartu sehat. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *