Jamaah Teluk Pandan Meninggal Usai Laksanakan Ibadah Haji

SANGATTA – Nani Jaji Makure (71), jamaah haji asal Dusun Palabuhan RT 07 Teluk Pandan Kutim, mninggal Makkah pada Senin (12/8) pukul 14.30 WAS atau 19.30 WITA, usai melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Kepala Kemenag Kutim, Ambotang membernarkan kabar tersebut. Saat dikonfirmasi pada Selasa (13/8), dirinya menyebut alhmarhumah memang memiliki penyakit. Maka dari itu, Dinkes Kutim telah membekali obat lengkap.

“Nek Nani meninggal di kemah Minna, setelah lempar jumrah. Alhamdulillah, semua rangkaian hajinya selesai. Beliau memang sakit, makanya diberi obat,” katanya.

Sebelum wukuf di Arafah, menurutnya nenek sempat masuk Rumah Sakit, tiga hari kemudian dia sehat sehingga dapat melanjutkan kegiatan. Sebelum dimakamkan, jenazah dibawa ke Masjidil Haram untuk dishalatkan oleh jutaan jamaah haji. Seluruh proses pemakaman telah disetujui oleh anak dan keluarganya yang menemani berhaji.

“Anak dan keponakannya ikut naik haji. Otomatis dimakamkan disana sesuai dengan persetujuan keluarga. Almarhum juga diurus oleh petugas kloter dan Maktab, lalu disalatkan di Masjidil Haram,” ungkap dia.

Sebelumnya, Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) Kutim, Agustinah menyebutkan Nani telah mengikuti rangkaian ibadah haji dengan baik. Hingga pada akhirnya dia meninggal dalam kondisi tersenyum.

“Alhmadulillah, almarhumah sudah menuntaskan ibadah hajinya hanya tawaf ifadah saja belum karena belum waktunya,” ujarnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *