Prayunita, Anggota DPRD Kutim Termuda dari Dapil 3

SANGATTA – Prayunita Utami, legislator termuda putri daerah, yang berasal dari pedalaman Kutai Timur, yakni Kecamatan Telen, maju untuk membuat perubahan di bidang kesehatan yang belum baik.

Wanita berhijab yang berkiprah di Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini resmi dilantik pada Rabu (14/8) di Sekretariat DPRD Kutim.

Lahir di Muara Ancalong, tepat 13 Juli 1993 lalu ini, merupakan seorang bidan yang bertugas di sekitar kediamannya di jalan Desa Mara Haloq Kecamatan Telen.

Dia menjelaskan alasan untuk meniti karir di kursi dewan dikarenakan dukungan moril oleh lingkungannya. Selain itu, berkaca pada kondisi daerah sekitarnya yang jauh dari kelayakan fasilitas kesehatan, membuat ia membulatkan tekadnya berani melangkah maju.

“Saya yakin karena dukungan orang-orang terdekat yang percaya pada saya, seperti orang tua, keluarga dan sahabat. Meskipun sempat ragu, karena baru sekira 2017 saya masuk Nasdem, tapi keyakinan tumbuh karena kepercayaan yang mereka titipkan,” ujarnya saat diwawancarai usai pelantikan.

Dengan kemampuan dan pengalaman yang dimilikinya, ia menjadikan masyarakat kurang mampu sebagai motivasi terbaik. Dia berupaya untuk memperjuangkan kesetaraan bidang kesehatan, pendidikan dan pertanian di Kutim. Sebab, menurutnya, beberapa aspek harus diperjuangkan untuk melakukan perubahan.

Dirinya membeberkan buruknya fasilitas jalan di daerahnya. Parahnya, masih bergantung pada akses penyebrangan, sehingga untuk melakukan pengobatan perlu perjuangan ekstra.

“Tenaga kesehatan yang minim, begitu juga dengan fasilitas kesehatannya, hingga akses ke kecamatan-kecamatan sulit dijangkau, kemana-mana harus nyebrang. Itu menjadi tantangan kita untuk memperjuangkannya di Komisi D nanti,” tuturnya.

Perempuan 26 tahun ini beritikad kuat untuk melangkah menjadi anggota dewan. Terbukti, dukungan orangtua dan masyarakat mengantarnya dengan perolehan 1350 suara di dapil 3, bukan hasil PAW.

“Mereka menguatkan itikad saya. Banyak yang bilang, menjadi bidan menolong orang, apalagi menjadi wakil rakyat, berarti cakupannya membantu orang lebih banyak. Saya semakin yakin atas hal ini,” ungkapnya.

Dengan terpilihnya ia menjadi wakil rakyat, Prayunita mengucapkan terimakasihnya pada masyarakat yang telah mempercayai dan mendukungnya hingga di titik ini.

“Terimakasih atas kepercayaannya, terutama pada warga dapil 3 yang telah memberi amanah pada saya. Saya akan berusaha untuk memberikan yang terbaik,” tutupnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *