Satpol PP Tertibkan Kampung Kajang dan Tenda Biru

teropongmedia.com Sangatta- Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) memberikan instruksi kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menindak tegas Lokalisasi Kampung Kajang dan Tenda Biru di Kecamatan Teluk Pandan.

Menurut Kepala Satpol PP Kutim Didi Herdiansyah dirinya menjalankan tugas dan amanat sesuai dengan instruksikan dari pemimpin daerah.

“Kami menjalankan perintah pimpinan tentang perencanaan penutupan atau penertiban kafe tersebut, namun sebelumnya kami coba sosialisasikan kepada pemilik terlebih dahulu, sebab mereka rela mati demi bertahan disitu,” ungkap Didi saat coffee morning Senin (19/8).

Adapun dua lokasi yang langsung ditindak lajuti yakni kampung kajang dan cafe yang terletak di Teluk Pandan dengan sebanyak sembilan cafe. Didi juga melaporkan jumlah pekerja seks komersial (PSK) yang bekerja secara permanen sebanyak 21 orang sedangkan pekerja sementara atau temporari sebanyak 50-60 orang, sedangkan pekerja di tenda biru terbagi dalam dua sisi, kiri dan kanan 69-13 yang berjumlah 72 orang.

“Dulu sempat dipulangkan dengan diberikan biaya Rp.5 juta per wanita, namun itu tak maksimal mereka kembali lagi, jadi jika ingin efisien kita harus bongkar bangunannya, cukup bayar ganti rugi bangunan, pastinya kita minta back up oleh TNI-Polri, untuk lahan itu sepertinya milik pemkab,” tambahnya.

Bahkan setiap PSK diketahui memiliki orang tua asuh atau muncikari. Untuk pengunjung tenda biru dikatakan Didi kebanyakan berasal dari wilayah Bontang dan puncak ramainya pada saat weekend dan menjelang gajian.

“Menjelang akhir pekan wadah itu ramai, apalagi saat gajian tamunya banyak, juga untuk daerah Wahau pun ada satu desa namun masih bertahap satu persatu akan kita tertibkan,” tutupnya.

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *