Tuan Rumah Liga Desa Nusantara, Ranpul Perbaiki Jalan

SANGATTA – Sebagai tuan rumah Liga Desa Nusantara (LDN) se Kaltim, Kecamatan Rantau Pulung (Ranpul) memperbaiki akses jalan utama menuju Desa Pulung Sari.

Perbaikan ini digarap sepekan sebelum pelaksanaan, bertujuan agar akses utama mudah dilalui oleh peserta dari lima kabupaten kota yang akan hadir.

Pertandingan sepakbola antar desa secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional disambut oleh Mulyono camat setempat. Dirinya langsung meminta pada OPD terkait, yakni Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kutim untuk memperbaiki jalanan. Sebab, kondisi sebelumnya tergolong parah. Selain berlubang, jalan menuju sejumlah desa diketahui longsor.

“Kami meminta lingkungan yang ditumbuhi rumput liar juga dibersihkan, supaya tidak kumuh,” katanya saat dikonfirmasi.

Alasan desa tersebut menjadi tuan karena di 2018 lalu, Pulung Sari keluar sebagai juara LDN tingkat Kaltim di Kabupaten Paser. Sehingga Ranpul didapuk sebagai tuan rumah kali ini.

“Kali ini kita akan brrjuang melawan Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Barat (Kubar), Penajam Paser Utara (PPU) dan Paser. Dalam pertandingan ini kita menargetkan sebagai Juara Nasional,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, meminta agar camat dapat memberdayakan perusahaan yang ada di sekitar. Menurutnya, apabila menemui kendala, Kasmidi akan membantu mengurus langsung. Hal ini dilakukan agar stakeholder yang beroperasi di sekitar wilayah lainnya bisa membantu.

“Minta bantuan sama perusahaan yang ada di sana, nanti saya yang tandatangani suratnya,” kata dia.

Untuk diketahui, LDN diselenggarakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sejak 2017 lalu. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *