Kerusakan CT Scan, Bupati Dikomplain Warga

teropongmedia.com Sangatta– Saat coffee morning Senin (26/8) Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang menyampaikan bahwa Bupati Kutim Ismunandar sempat mendapatkan protes dari warga perihal rusaknya alat pemindaian dengan teknologi computerized tomography atau CT Scan di RSUD Kudungga, yang menyebabkan pasien harus dirujuk keluar Kutim.

“Beberapa waktu lalu, Pak Bupati mendapat keluhan dari salah satu dokter, anaknya sakit dan harus di CT Scan, namun ternyata dirujuk ke Bontang, jika memang ada kerusakan minimal melapor ke grup agar ketika ada komplain beliau atau yang lainnya dapat menjelaskan,” ungkap Wabup.

Menanggapi hal itu, Direktur RSUD Kudungga Anik Istiyandari membenarkan kerusakan pada alat CT Scan, namun sejak dua hari CT Scan sudah dapat digunakan kembali.

“Kerusakan alat pemindai kurang lebih tiga minggu, namun sejak dua hari lalu CT Scan sudah bagus dan bisa digunakan. Kami sudah panggil tenaga ahli khusus dalam hal itu, karena semuanya menggunakan sensor jadi jika satu rusak segala sistem pun tak berfungsi,” terangnya di ruang meranti.

Untuk diketahui, CT Scan menggabungkan serangkaian pemindaian Rontgen yang diambil dari berbagai sudut yang berbeda. Kemudian komputer akan memroses hingga menghasilkan gambar tulang dan jaringan lunak di dalam tubuh. Alat ini dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memonitor beragam kondisi kesehatan.

Umumnya CT Scan digunakan untuk memindai bagian tubuh diantaranya, kepala, paru-paru, jantung, rongga perut, panggul, dan tulang.

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *