Sosialisasi Karhutla, Kodim 0909/Sangatta Kunjungi Rumah Warga Desa Kandolo

teropongmedia.com Sangatta– Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0909/01 Sangatta, Kopka Lafirman secara rutin terus melakukan patroli dan sosialisasi, Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di wilayah Kecamatan Teluk Pandan Desa Kandolo Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Menurut Babinsa Kopka Lafirman dengan adanya kegiatan sosialisasi seperti ini diharapkan mampu memberikan pencerahan serta kesadaran sosial dan hukum. Adapun yang menjadi sasaran sosialisasi ini yakni seluruh warga masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan.

“Kegiatan membakar lahan sama sekali tidak dibenarkan, sehingga memang perlu mendatangi warga memberikan imbauan agar bisa sadar untuk bersama-sama memerangi karhutla,” tukasnya.

Senada, Danramil 0909-01/Sangatta melalui Kapten Inf Arif Safardiyatno mengatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan Babinsa bersama tim terpadu ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada warga Desa Kandolo, tentang bahaya dari kebakaran hutan dan lahan yang dapat berakibat fatal juga berpengaruh terhadap kesehatan, serta berdampak kepada negara lain.

“Saat ini cuaca ekstrim, kadang hujan dan kadang panas yang terik, untuk itu kami mengajak masyarakat agar secara aktif ikut berpartisipasi dalam upaya kebakaran hutan dan lahan, akibat dari karhutla itu sangat fatal juga banyak merugikan,” ungkapnya.

Patroli dan sosialisasi karhutla secara rutin dilakukan Babinsa tim terpadu, Babinkamtibmas, Manggala Agni, Bertujuan agar wilayah yang rawan terjadinya kebakaran lahan dan hutan dapat diminimalisasi terjadinya karhutla.

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *