Dusun ll Meratak Desa Tepian Langsat Jadi Desa Budaya di Kutim

teropongmedia.com Sangatta– Dusun ll Meratak Desa Tepian Langsat saat ini telah menjadi desa budaya di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Desa yang dihuni oleh mayoritas suku Dayak Kenyah, perlahan mulai mengenalkan kebudayaannya kemata Indonesia.

Minggu, (8/9/2019) Desa Budaya Meratak kedatangan tamu CNN Indonesia dengan program Inside Indonesia tentu ini sangat membanggakan bagi penduduk desa budaya meratak. Hendrikus salah satu tokoh masyarakat pencetus desa budaya mengaku bangga, suku Dayak Kenyah dapat dikenal melalui program telivisi nasional.

Bertempat di Lamin Pabeka Kimet ratusan warga Desa Budaya Meratak menampilkan tarian adat (datun julut, temengan madang) kerajinan khas (anyaman anjat, mandau, pahatan kayu ulin) serta makanan khas dayak kenyah (masak ikan dalam bambu/atuk awo).

“Tentu kita bangga, mendapatkan kunjungan seperti ini, melalui ini pula kita memperkenalkan kebudayaan kita,” terangnya.

Turut hadir dalam acara Kepala Lembaga Adat Besar Kutai Timur (LABKT) Sayyid Abdal Nanang Al Hasani beserta Ketua Umum Badan Pariwisata Kutim Rustam Effendi Lubis.

Dalam sambutannya Abdal Nanang (sapaan akrabnya) mengatakan akan sangat mendukung perkembangan kebudayaan khususnya didaerah Kutim.

“Kita akan dukung apapun itu yang bersangkutan dengan budaya, karena seperti yang kita ketahui kebudayaan di Kutim masih kurang diketahui oleh orang luar untuk itu kita perlu mendukungnya,” ujarnya.

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *