58 Desa Akan Pilkades Serentak 2020 Mendatang

SANGATTA – Sebanyak 58 Desa di Kabupaten Kutai Timur akan menggelar Pemilihan Kepala Desa Serentak pada awal 2020 mendatang. Sebab sebagian diantaranya hanya dipimpin oleh penjabat (Pj) kepala desa.

Padahal, ini akan menyusul masa jabatan kepala desa definitif sudah selesai. Puluhan desa itu harus mendapat pemimpin baru agar tidak kosong jabatan.

Salah satunya yang diutarakan oleh Camat Rantau Pulung, Mulyono. Ia mengatakan hampir semua kecamatan mengalami hal yang sama, yakni permasalahan terkait pilkades. Sebab di sejumlah desa bertahun-tahun hanya dinahkodai oleh penanggungjawab sementara.

“Pilkades merupakan hal penting dan kerap ditanyakan. Di tempat saya ada Pj yang sudah tiga tahun lebih menjabat. Bisa-bisa melebihi masa jabatan kades aslinya,” katanya dalam rapat DD dan ADD belum lama ini.

Bahkan pada Febuari 2020 nanti, kata dia sudah habis masa jabatan, sementara ASN yang tidak menjadi pejabat hanya tiga orang, terdiri dari bendahara dan staf. Sehingga hal ini menjadi pertimbangan yang cukup sulit.

“Bisakah 2019 ini dilaksanakan pilkades serentak. Sebelumnya saya pernah ngomong ke bupati, tapi anggaran tidak ada katanya,” pintanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Suwandi menegaskan pelaksanaan Pilkades serentak telah dia rencanakan. Hanya saja pelaksanaan baru dapat dilakukan pada 2020 mendatang. Dirinya berupaya akan menggelar sebelum pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutim periode 2020-2025.

“Sebelum Pilkada akan dilaksanakan nanti. Ada 58 desa yang di Pj dan akan pensiun.
Sebenarnya kami sudah anggarakan 2019, tapi belum bisa jadi diupayakan untuk 2020,” tuturnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *