Usai Jambore Dunia, Putri Kutim Raih Penghargaan

SANGATTA – Putri berprestasi kembali mengharumkan nama Kutai Timur (Kutim). Dalam kesempatan perayaan hari gerakan Pramuka ke 58, tiga pelajar mendapat penghargaan atas keberangkatannya mengikuti Jambore Dunia di Virginia Barat Amerika Serikat.

Dihadiri seluruh negara, tiga remaja wanita ini menyiapkan diri dengan sungguh-sungguh. Salah satunya mempelajari bahasa asing. Hal itu dilakukan jauh-jauh hari oleh Rinanda A Maharani, Nadira Rahmadani dan Rani.

Tak hanya peserta Jambore dunia, penghargaan lain diberikan juga untuk tiga guru yang mengikuti APR Workshop di Hongkong.

Salah satu peserta jambore dunia, Rinanda A Maharani menyampaikan rasa bangganya atas penghargaan yang diraihnya. Menurutnya hal ini merupakan perjuangan yang tidak mudah.

“Persiapannya saya matangkan, paling matang itu cara berkomuniskasi, karena banyak bahasa yang kami ditemui di sana,” katanya saat ditemui usai upacara hari Jadi Pramuka ke 58 di Halaman Kantor Bupati Kutim pada Selasa (17/9).

Selain pengalaman, katanya teman baru merupakan hal terbaik yang didapat. Dirinya, bangga bisa membawa nama Indonesia. Terlebih dirinya merasa dikuatkan dengan dukungan dari orangtua, keluarga, sekolah, Kwarcab, Kwarnas, bahkan presiden. Dia terus mengenalkan kekayaan Indonesia pada setiap orang yang ditemuinya.

“Saya semakin yakin membawa nama Indonesia, apalagi waktu ketemu Pak Jokowi, masuk ke Istana Negara, ya seneng banget. Ini juga pengalaman berharga,” jelas wanita berambut panjang ini.

Hal senada diungkapkan oleh Nadira Rahmadani, ia merasa kebanggaan yang sama dengan rekannya. Bertemu orang baru, menurutnya merupakan pengalaman yang mahal. Segala tradisi dan kebudayaan yang difahami coba ia tularkan kepada anggota pramuka dari negara lain.

“Saya banyak ketemu peserta dari negara lagi, banyak sekali ilmu baru, mulai dari kebudayaan, tradisi yang ada hingga rekomendasi wisata. Saya senang sekali,” ungkapnya.

Memperingati Hari Pramuka ke yang sekaligus dirangkai dengan kemah Peran Saka tingkat daerah Kaltim di Kutim, serta diikuti oleh puluhan cabang, membuat Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang mengaku bangga. Bahkan semua penghargaan ia berikan pada anak-anak Kutim yang terus berkiprah mengharumkan nama daerah.

“Hal ini merupakan kebanggaan, karena ditunjuk sebagai tuan rumah berdekatan dengan Hari Jadi Kutim. Ini juga merupakan hadiah untuk kita. Saya juga bangga pada putra-putri terbaik, dengan ini harus diberikan penghargaan,” ucapnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *