FKUB Se Kaltim Digelar Dikutim, Wabup Minta Tetap Jaga Kondusifitas Hingga Jelang Pilkada

teropongmedia.com Sangatta– Sekira 150 tamu undangan se Kalimantan Timur (Kaltim) hadir dalam Rapat Koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (Rakor FKUB). Kali ini Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadi tuan rumahnya. Dengan mengusung tema Peningkatan Peran Strategis FKUB Menjaga Kondusifitas Daerah Menyongsong Pilkada Serentak Tahun 2020.

Wakil Bupati Kasmidi Bulang mengatakan dalam sambutannya, FKUB menjadi peredam suhu politik yang meningkat menjelang Pilkada serentak tahun 2020 dan sangat perlu untuk diantisipasi bersama. FKUB sebagai wadah mediator, rekonsiliator dan fasilitator dalam memberikan rujukan dan inspirasi tentang kerukunan beragama.

“Dengan adanya FKUB sekarang kita harapkan tumbuh rasa saling percaya dan membangun opini publik tentang pentingnya hidup rukun antar agama, ras maupun golongan apapun, tidak ada perbedaan,” ucapnya.

Sekertaris Provinsi Kaltim S.A Bani menambahkan, Kaltim hingga kini menjadi satu-satunya daerah yang tidak pernah mengalami bencana sosial sebagai akibat konflik kepentingan bernuansa suku.

“Oleh karena itu peran para tokoh yang hadir disini memiliki tanggung jawab besar untuk membina kalangan umat beragama, guna menjamin siapapun yang datang ke Kaltim akan merasa aman dan damai. Apalagi dalam waktu dekat yakni pada 2020 akan digelar Pemilukada serentak dan ada sembilan kabupaten/kota di Kaltim yang akan melaksanakan Pilkada,” tutupnya.

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *