Jelang Pelantikan Presiden, Apel Gabungan Jaga Kondusifitas

SANGATTA – Tidak lama lagi Presiden-Wakil Presiden Indonesia, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin akan dilantik. Untuk menjaga kondusifitas, Polres Kutim serta TNI AD maupun AL menggelar rapat gabungan di halaman Mako Polres pada Rabu (16/10).

Kapolres Kutim, AKBP Teddy Ristiawan menyampaikan proses pemilu sudah cukup lama, sejak awal pendaftaran hingga dilantiknya presiden. Menurutnya sejumlah hal harus diantisipasi sejak dini.

“Mari jaga kedamaian di Kutim. Ini tanggung jawab kita bersama,” ujarnya dalam sambutan.

Dia berharap seluruh elemen bisa bahu-membahu menjaga keamanan. Selain apel, kegiatan deklarasi mendukung pelantikan dipimpin oleh Ketua DPRD Kutim Encek UR Firgasih yang diikuti oleh Sekda Kutim Irawansyah serta seluruh tamu undangan.

Di tempat yang sama, Dandim 0909/Sgt, Letkol CZI Pabate meminta pada seluruh masyarakat agar sama-sama menjaga kedamaian. Pasalnya, hal ini bukan hanya tanggung jawab TNI-Polri, namun juga masyarakat pada umumnya.

“Kegiatan ini merupakan perencanaan matang, sejak awal pesta demokrasi dan berakhir hingga pelantikan presiden terpilih. Apel siaga ini merupakan upaya pengamanan dan wajib dilaksanakan,” tuturnya.

Meski di Jakarta, sambung dia, seluruh elemen harus siaga. Indikasi gangguang dapat terjadi di semua daerah dan harus dideteksi sejak dini yang dapat mengganggu jalannya kegiatan.

“Kami sangat mengharapkan gabungan ini dapat meningkatkan kesiapsiagaan. Kita harus memaksimalkan pencegahan hal negatif,” tutupnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *