Kekurangan Unit Pemadam, Kutim Akan Tambah Armada

SANGATTA-Mengacu pada maraknya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Kutai Timur yang sulit ditangani karena tidak semua Kecamatan memiliki Pos Pemadam, Maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan melakukan penambahan unit.

Wacana tersebut bukan tak beralasan, terlebih diketahui angka Karhutla tahun ini cukup tinggi di sejumlah Kecamatan. Namun sayang, armada yang ada saat ini dinilai tidak cukup untuk mengakomodir kebakaran yang terjadi.

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang menuturkan bahwa melalui dana alokasi khusus (DAK) DR, pemerintah akan menambah beberapa unit mobil pemadam kebakaran di sejumlah wilayah yang belum memiliki unit tersebut.

“DAK DR akan memberi mobil damkar ke kecamatan-kecamatan yang belum punya. Insya Allah uangnya cukup. Diupayakan semua kecamatan punya satu dan akan dilakukan ada 2020 nanti,” ujarnya saat diwawancarai usai coffee morning pada Senin (21/10).

Hal itu menurutnya akan menyesuaikan standar, terlebih melihat Karhutla yang terjadi sejak beberapa bulan terakhir.Sekaligus sebagai upaya mengantisipasi bencana kebakaran di tahun-tahun mendatang.

“Saat ini hanya beberapa kecamatan yang punya mobil, seperti Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Sedangkan di kecamatan pedalaman lainnya baru akan kami berikan,” tuturnya.

Terpisah, Plt Kepala Pemadam Kebakaran Kutim, Sahminan membenarkan wacana dimaksud, namun untuk jumlah unit dirinya mengaku belum mengetahui pasti.

“Iya benar akan ada penambahan untuk jangka beberapa tahun ke depan, namun belum ada secara tertulis dan tidak disebutkan berapa unit, yang saya tahu bahwa unit damkar mahal, satu mobil bisa mencapai miliaran,” katanya.

Hal ini telah dibahas oleh pihaknya bersama jajaran pemerintah daerah saat serah terima jabatan plt lama kepada plt baru, dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa damkar memerlukan tambahan unit.

“Kami juga perlu tambahan pos-pos baru disertai unit damkar dan tambahan tenaga terutama untuk kecamatan yang saat ini belum ada pos damkarnya. Pada saat itu beliau memberikan sambutan yang berisi pencerahan terkait adanya rencana penambahan,” tutupnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *