Kodim 0909/Sgt Dapat Jatah 10 Personel

SANGATTA – Kodim 0909/Sgt kekurangan personel, diketahui hingga saat ini baru mencapai 55 persen atau sebanyak 174 orang. Padahal, seharusnya bisa mencapai minimal 75-80 persen.

Dijelaskan oleh Dandim 0909/Sgt, Lektol Czi Pabate mengatakan hal ini merupakan masalah besar. Bahkan sering terjadi di seluruh jajaran. Dirinya mengaku masih membutuhkan sekira 320 orang.

Kekurangan personel ini sangat berdampak pada pekerjaan. Terlebih tentara di masyarakat. Piahaknya harus mencari alternatif dengan menjadikan babinsa bertugas di banyak desa. Meski ideal satu desa satu orang.

“Sekarang baru separuhnya yang ada, padahal kami kami butuh masih ratusan,” ujarnya saat diwawancarai pada Senin (11/11).

Sehingga, pada 2020 mendatan
g menurutnya Kutim harus bisa mencapai 80 persen sesuai dengan arahan pusat. Untuk itu, tahun ini pihaknya menerima calon personel untuk menambah kekuatan.

“Tahun ini kami dapat jatah 10 personel. Yang daftar sudah 25. Ini akan kami latih dulu,” ungkapnya.

Paling tidak hal itu menurutnya digalakkan sejak enam bulan sebelum pelaksanaan ujian, mulai dari fisik, mental hingga psikologi. Sebab, syarat utama menjadi tentara kata Pabate adalah kuat mental dan itikad.

“Tahun ini ada kebijakan penerimaan, tapi harus asli dari Kutim. Harapan saya semuanya terpenuhi, sangat disayangkan kalau ada yang tidak lolos,” tuturnya.

Hal ini harus dikejar, karena kesempatan ini tidak diraih oleh seluruh daerah. Seperti Bontang dan Kukar yang tidak mendapat jatah.

“Kalau di daerah lain memang satu desa satu prajurit, tapi disini kurang orang, ya jalani saja dengan memaksimalkan anggota,” ungkap dia. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *