Tak Hanya Tanam Pohon, Dandim Juga Tatap Muka

SANGATTA – Dandim 0909/Sangatta, Letkol Czi Pabate melakukan penanaman ratusan bibit pohon bersama dengan muspika dan juga pelajar di Kecamatan Kaliorang. Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan ini, dilaksanakan dalam rangka pembinaan teritorial terpadu berupa kegiatan penghijauan serta karya bhakti TNI, pada 11 November 2019 lalu.

Dalam kegiatan yang dirangkai dengan acara tatap muka yang dilaksanakan di kantor Kecamatan Kaliorang yang terletak di SP 4, Desa Bangun Jaya tersebut, Dandim juga melakukan dialog secara langsung dengan masyarakat, untuk mendengar secara langsung informasi dari masyarakat.

Dalam sambutannya Dandim 0909/Sangatta, Letkol Czi Pabate menyampaikan bahwa kecamatan ini dipilih menjadi tempat penghijauan selain karena dinilai strategis juga dikemudian hari akan menjadi daerah industri yang besar di Kutim.

“Selain karena potensi yang dimiliki oleh Kecamatan Kaliorang, penghijauan dilakukan karena hutan kita semakin tahun semakin tipis dan berkurang,” ucap Dandim.

Pabate juga menyampaikan melalui penghijauan yang dilakukan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat ini diharapkan kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup akan semakin tinggi, sehingga kerusakan dan pencemaran dapat dieliminir sedikit demi sedikit.

Di akhir pertemuan, selain berpesan agar masyarakat turut serta menjaga kelestarian lingkungan, dia juga menyampaikan bahwa Kodim merupakan rumah bagi warga, diharapkan jika ada permasalahan tanpa takut atau sungkan berkoordinasi secara langsung dengan pihaknya.

“Kodim merupakan rumah kita bersama, jika ada kendala ataupun masalah bisa berdiskusi pada kami untuk mencari solusi, jangan ragu ataupun sungkan untuk berkomunikasi, karena kami ada untuk masyarakat,” tegas Dandim

Sementara itu Camat Kaliorang, Simon menyampaikan bahwa kondusifitas di kecamatannya relatif aman, hal itu berkat bantua babinsa yang selalu aktif melakukan patroli dan sinergi dengan masyarakat.

Dengan kehadiran langsung Dandim beserta staf Kodim 0909/Sangatta ini diharapkan dapat melihat secara langsung dan dapat mengakomodir permintaan masyarakat terkait Program TMMD tahun 2020.

“Saya juga berharap agar program tersebut secepatnya dapat terealisasikan disini,” tuturnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *