Polder Jadi Smart City di Kutim

SANGATTA – Hari ini, Polder Ilham Maulana Sangatta Utara resmi dilaunching sebagai kawasan Smart City.

“Kita buat semua gratis. Jangan seperti STQ, disana apa-apa bayar, pedagang disini tidak akan dipungut biaya. Oleh sebab itu, polder dikelola langsung pemerintah dan melibatkan beberapa OPD, tidak ada organsisasi lain yang ikut campur,” ungkapnya saat diwawancarai usai launching Smart City pada Jumat (15/11).

Tidak hanya itu, kesan gelap dan kawasan bebas ini ke depan akan lebih diperketat. Seperti diketahui, polder merupakan salah satu daerah yang kerap disalahgunakan oleh anak-anak salah pergaulan dan masih menjadi tempat terfavorit untuk mabuk oplosan dari obat batuk.

“Penerangan InsyaAllah masuk tahun ini, kalau ada badan pengelolaa nanti tidak sembarangan anak-anak bisa masuk,” tegasnya.

Kasmidi mengaku telah mengantisipasi hal ini, dengan berkoordinasi pada Satpol PP dan Kapolres Kutim untuk lebih waspada pada oknum yang kerap memanfaatkan daerah ini untuk melakukan hal yang menurutnya tidak pantas.

“Nanti akan diperkekat, ada pengawasan dari Satpol PP selama 24 jam. Kapolres juga sudah saya minta untuk lakukan sidak. Supaya fasilitas kita bisa terjaga,” harapnya.

Dia juga mengatakan polder yang selama ini merupakan tempat wisata alternatif terus dibenahi. Terlebih, menjadi satu dari 100 kabupaten kota terpilih merupakan kebanggan sendiri untuk daerah.

“Semua fasilitas yang ada di polder telah dilengkapi wifi gratis, hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat menggali informasi dengan akses internet,” ujarnya.

Banyak fasilitas baru yang dimiliki Kutai Timur, salah satunya arena gocar yang sebelumnya digunakan khusus, saat ini sudah diperkenankan digunakan untuk masyarakat umum. Selain itu ada pula tempat berolahraga, tempat bermain anak, sirkuit gocar, mini moto, hingga super moto.

“Mulai hari ini dibuka umum. Fasilitas penunjang kita buka dulu sampai pukul 6 sore. Kecuali pujasera akan buka sampai jam 12 malam,” kata dia. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *